Pengalaman Operasi Kehamilan Ektopik Terganggu (KET) Saat Covid

Holla, Hello!

Hehe setelah vakum dari dunia per-blogger-an (ceileh) selama hampir lebih dari 2 tahun, akhirnya gue disini lagi coba blogging lagi. Sebenernya kali ini cuma mau berbagi seputar masalah yang gue alami setelah menikah aja. Iya, akhirnya menikah juga setelah hampir 7 tahun pacaran yah uhuy (intermezzo dikit ga apa ya..)

Oke! Langsung aja kita ke inti dari postingan kali ini..

Gue menikah pada tanggal 15 Februari 2020, dan sebulan setelah menikah tepatnya tanggal 14 Maret, alhamdulillah hasil testpack positif. Udah seneng, girang, happy dan coba sharing2 ke temen minta info tentang kehamilan segala macem deh pokoknya. Namun, di hari Senin tanggal 16 Maret, keluarlah darah seperti darah menstruasi tapi volumenya sedikit, kalo gue baca-baca info (iya sotoy ya) itu wajar kalo awal kehamilan memang seperti itu. Jadilah gue anggap itu angin lalu. Kemudian selang dua hari, tanggal 18 Maret akhirnya gue yakin itu adalah menstruasi karena volume darahnya sudah banyak seperti biasa, dan akhirnya yasudah gue ikhlaskan karena mungkin gue pikir kami belum siap mendapatkan rezeki anak ini.

Tetapi, ada yang berbeda dari sensasi sakit menstruasi kali ini, perut berasa kembung dan sakit, karena memang biasanya sakit kalau saat tamu bulanan ini dateng, akhirnya gue abaikan lagi. Selain itu, ada juga yang berbeda, karena darah menstruasi itu kan ada bau khasnya ya, nah darah mens ini tidak berbau (entah cuma perasaan gue atau gimana ya). Tepat tanggal 20 Maret hari Jumat, itu lah puncak dari segala puncak dan drama dari segala drama yang ada. Pagi-pagi gue udah siap untuk ngantor, tetapi tetiba sakit perut akhirnya gue buang air besar tuh, setelah BAB eh malah tambah sakit kan. Jadi, gue memutuskan untuk ke klinik dokter umum karena gue pikir gue diare karena malemnya pun perut gue rada ga enak. Muka gue udah pucet, gue izin ga masuk kantor, berangkatlah gue bersama bokap naik motor -- tunggu antrian di dokter rasanya mau muntah ga kuat, akhirnya pulang ke rumah dan balik lagi pas siang hari saat sepi pasien. Diagnosa dokter umum adalah gue diare dan dikasih lah resep obat, gue juga bilang gue sempet testpack positif, tapi ya dokter umum kan ga bisa kasih diagnosa buat kehamilan gini ya dan begonya gue itu ngga langsung datang ke dokter kandungan. Pulang dari dokter, gue ga kuat buat tebus resep dokter karena rasanya gue udah mau pingsan. Akhirnya bokap gue yang tebus resepnya. Seharian cuma bisa terbaring lemah di kasur karena perut sakit dan parahnya setiap gue mau bangun habis tiduran, perut rasanya kaya ditusuk-tusuk (Ya Allah, gamau lagi cukup sekali..).

Sempet dipijit malemnya sama tukang urut, tapi cuma di bagian punggung aja karena beneran yang gue rasa kaya masuk angin tapi setingkat di atas itu. Gue telfon suami gue, kata suami gue, suara gue di telfon juga udah beda dan lemes banget. Akhirnya suami memutuskan pulang ke jakarta malam itu juga (maklum kita LDR, sob hehe). Setelah dipijit, gue sempet ketiduran dan bangun saat suami pulang, rasa sakitnya udah ga karuan, perut bener-bener kaya ditusuk, setiap kali nafas mesti pelan karena rasanya perut juga ikut sakit. Semaleman nikmat bener ga bisa tidur karena sakitnya itu. Esok hari, kami memutuskan untuk datang ke RS Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat. Oh iya, sebelum check-up, gue coba testpack lagi dan ternyata hasilnya masih garis dua namun samar terlihat.

Setelah sampai di ruangan dokter, langsung di USG transvaginal -- terdiagnosa lah bahwa gue mengalami kehamilan ektopik terganggu atau yang biasa disebut hamil anggur karena hamil di luar kandungan, dimana kalo kasus gue ini janin menempel pada perut. Dokter langsung bilang harus segera tindakan operasi. Jujur seumur hidup gue sama sekali ga pernah dirawat di rumah sakit, sekalinya masuk harus operasi, ya tolong sih.. takut.. tapi mau gimana lagi. Suami udah nangis pula pas lihat gue udah pake pakaian operasi dan udah disiapin suntik ini itu buat di meja perang (haha), padahal sebelum suami nangis, istrinya masih santai aja, ya akhirnya ikutan nangis lah gue tuh.

Kocaknya, pas mau masuk di ruang operasi, dokter obgyn- nya masih sempet bercanda, "muka udah pucet gitu, masih mau operasi besok (sambil ketawa dikit)". Iya, tadinya pas dokter kasih saran buat tindakan operasi, gue sempet tanya bisa besok atau ngga dan jika ada opsi selain operasi. Tetapi, dokternya bilang harus segera karena kantong darah buat transfusi juga lagi langka soalnya itu udah masuk masa pandemi corona yah.

Alhamdulillah operasi berhasil dan dokter bilang kalo pendarahannya terjadi di deket tuba kanan, tetapi karena tuba kanan masih belum parah cuma lecet aja akhirnya sama si dokter cuma dijahit aja. Alhamdulillah masih ada kedua tuba-nya. Sekedar info dari dokter, pendarahan di perut gue itu seukuran botol aqua ukuran 1500 ml ditambah sama botol aqua ukuran 600 ml-an lah. Dan, mungkin itu yang bikin perut kaya ditusuk dan setiap nafas juga sakit di perut. 

Operasi KET ini mirip kaya cesar ya kayanya. Coba temen-temen cek aja ya artikel tentang operasi KET, karena disini hanya sekilas sharing pengalaman aja. Oh iya, setelah operasi KET, dokter bilang kita harus menunda kehamilan sampai 3 bulan dan sebelum memulai kehamilan harus tes HSG untuk melihat apakah kondisi kedua tuba kita paten atau tidak. Gue pun melalui proses tes HSG ini, 7 bulan setelah operasi. Nanti akan gue sharing ya di postingan selanjutnya.

Akhir kata, pesen buat temen-temen kalo mengalami hal seperti gue di atas, dimana ada tanda kehamilan dan hasil testpack positif tetapi setelahnya keluar darah seperti menstruasi serta mengalami sakit nyeri di perut, muka pucet dan gejala seperti yang gue alami, saran gue langsung aja ya konsultasi dengan dokter obgyn. Karena kehamilan ektopik ini bahaya sekali, dan rasanya kasus gue ini kalo lewat sehari aja ga konsultasi ke dokter kayanya gue udah lewat deh karena rasanya sesakit itu. Alhamdulillah masih dikasih panjang umur sama Allah SWT ya. Dan jangan berkecil hati, karena pasti kita bisa hamil lagi jika memang sudah waktunya. Jangan menyerah yah, bunddd :)

FYI, untuk dokter obgyn, alhamdulillah gue dipertemukan dengan dokter Ramadhina, spOG. Menurut gue, beliau dokter santai yang ga buat pasiennya panik apalagi gue yang baru pertama kali mengalami masalah kehamilan seperti ini. Thank you so much, Doc!

Dan, alhamdulillah ada bokap, nyokap dan suami yang sigap dan ngurusin gue banget. I love you so much suamiku, mamaku dan papaku <3

Komentar

Postingan Populer