Yes, I am a Toonderella

          


Kalo baca dari headline, udah pasti tau dong apa yang akan gue share kali ini. Yap, bener! (lah emang apaan cuy)

Haha selow guys..pada ngga tau mungkin yaaah. Baique lah kalo gitu, akan gue jelaskan di mari. Yuk, simak (cailah bangshut, kaya bakal ada yang nyimak hahaha..)

Jadi, toonderella itu adalah sebutan buat orang yang demen atau suka baca Webtoon. Apaan sih Webtoon?

Silahkan dibaca disini

https://id.wikipedia.org/wiki/Webtoon

Yaiya dong daripada gue jelasin panjang lebar ga karuan. So, intinya webtoon itu merupakan komik online yang bisa kita baca secara gratis. Lumayan untuk gue yang agak miskin ini yah..
Di waktu santai atau mungkin kalo lagi mumet atau jenuh, pasti kita semua punya "pelarian" kan. Haha, bukan pelarian itu loh yang gue maksud, sob.. Yah semacam moodbooster gitu deh. Nah, salah satu moodbooster gue itu adalah baca Webtoon ini lah. Membaca Webtoon udah merupakan rutinitas gue sehari-hari dan hukumnya fardhu ain (khusus untuk gue aja) dimana apabila tidak dilakukan berdosa lah hukumnya. HAHAHA ngga deh lebay ah oneng..

Oke, masuk ke poin yang akan gue share. Gue mau bahas komik-komik Webtoon yang udah gue baca dan biasanya kalo udah gue baca pasti komik yang emang gue suka, atau karena emang gue pengen ada bacaan aja gitu, guys.. Lo tau lah kaum intelek seperti gue ini pasti haus akan bacaan dan ilmu. (haha bangshuuutt)

Yuk, cekidot (gila nih bahasa taun kuda gigit behel kali ye). *sembari buka webtoon*

1). Orange Marmalade (Subtitle: Indonesia) by Seokwoo
     Nah, ini bercerita tentang kisah cinta si gadis vampir dengan si lelaki manusia. Bagus gitu deh ada sedihnya juga. Kisah cinta remaja, tapi dengan konflik yang cukup rumit deh ya secara mereka pacaran beda jenis. Gue baca ini kadang sampe nangis kadang senyum sendiri bagai abg labil.
Pic: Google








2). Summer Miracle (Subtitle: Indonesia) by Seokwoo
     Komik ini menceritakan tentang kisah cinta remaja dan persahabatan. Intinya nih cerita tentang ada mesin waktu gitunya deh. Bagus juga, ringan ceritanya. Cocok dibaca pas iseng-iseng.


3). Hana Haru / Days of Hana (Subtitle: English/Indonesia) by Seokwoo
     Ini komik juga pengarangnya sama, yaitu Seokwoo. Dan entah mengapa gue suka yah komik-komik buatan dia. Komik ini bercerita tentang percintaan anak lelaki werewolf dan anak perempuan manusia, dimana werewolf itu makhluk setingkat di bawah manusia yang biasanya dijadiin budak gitu deh kalo majikannya jahat huhu. Hana Haru ini masih dalam proses untuk ke Season 2. Gue sangat merekomendasikan komik ini. Well, komik yang ditulis Seokwoo emang ga pernah mengecewakan.
Pic: Google

4). Bastard (Subtitle: English) by Kimcarnby/Youngchan Hwang
     Genre komik Bastard itu lebih masuk ke thriller. Cerita tentang seorang anak cowo yang punya bapak psikopat, dimana tuh bapak demen sama anak cewe yang disukain sama anaknya ini. Keren dah ceritanya. Ending-nya ga mengecewakan. Recommended!

Pic: Google

5). Wonderwall (Subtitle: Indonesia) by Senaloli
     Cerita kisah cinta remaja lagi which is konfliknya adalah peran utama cewenya punya sedikit gangguan psikologis dan di sekolah dia ketemu sama anak cowo badboy gitu, tapi baik dan sweet walau karakternya agak kasar. Sean dan Jessy, lopyupul guys..


6). Cheese in the Trap (Subtitle: Indonesia) by soonkki
     Yak! ini komik yang gue sukaaaaaaaaa banget! 9/10 menurut gue nilainya. Ceritanya kompleks dan kalo lo baca pasti lo seakan terbawa ke dalem cerita itu. Ini komik yang mendekati realita. Highly recommended! Langsung baca aja guys, gue ga sanggup meringkas ceritanya karena.. ya karena gue suka banget. Meskipun ada 4 season bookk, tapi gue ikutin karena sesuka itu sob..
Pic: Google

7). Possessed, Mayago, Demoniac (Subtitle: Indonesia) by hooressha/Hongtae Kim
     Itu sebenernya judulnya terpisah sih, tapi karena komik ini nyambung jadi gue satuin. Ini komik horror gitu. Bagus lumayan lah untuk yang suka cerita semacem gitu.


8). Winter Woods (Subtitle: English) by COSMOS/VAN JI
     Ini cerita tentang makhluk ciptaan manusia (semacam Frankestein gitu kali ya), yang dibuat dari anggota tubuhnya mayat-mayat. Hiii serem ya. Tapi, dibaca aja deh bagus ceritanya. Cuma ada 2 season, guys.

Pic: Google

9). Girl's World (Subtitle: Indonesia) by morangg
     Summary-nya "Jadi bebek di antara para angsa? We will survive!"
Gitu ya jadi, ceritanya tentang persahabatan anak-anak cewe di SMA, peran utama namanya Oh-Nari dan dia ini tadinya anak yang gendut dan not good looking gitu, tetapi si SMA ini dia bertemu sama temen-temen yang akhirnya jadi sahabatnya dia. Suka sama cerita persahabatannya, tulus dan kasih sayangnya keliatan banget. Ceritanya ga terlalu kompleks, bisa untuk mengisi kesenggangan loh.

Pic: Google

10). Terlalu Tampan (Subtitle: Indonesia) by Mas Okis/S.M.S
       Aseli, ini komik tersampah yang bikin ngakak dengan jokes-nya yang receh. Ini sekeluarga tampan sampe Ibuknya juga tampan dan mungkin sedikit seperti waria ya tampangnya. Sedih karena komik ini udah tamat, jadi berkurang deh hal yang bikin gue ketawa dengan cerita koplak gini haha.
Pic: Google

Oke, mungkin segitu aja dulu reviewnya cukup, karena masih banyak sebenernya komik webtoon yang gue baca. Tapi, ga mungkin dong yang gue review satu-satu, nanti bisa-bisa kelar abis Lebaran dong ya guys.. Oh ya, kalo ada yang bingung soal subtitle maksudnya apa, jadi di webtoon kita bisa ubah bahasa, letaknya di setting trus pilih bahasa. Untuk setiap bahasa itu biasanya komiknya beda-beda, walaupun ada yang cuma translate gitu, tapi kadang komik yang subtitle English lebih cepet release-nya gitu

Dan karena gue anaknya baik, meskipun ga di review, tapi gue kasih aja nih judul komik selain di atas yang recommended versi gue, yaitu Eggnoid, Ghost Teller (engsub), Murrz (engsub), Tahilalats, My Ghost Romie, Ghost's Wife, Siren's Lament, Ho!, Pasutri Gaje, etc.

Sekian dari saya, kalo ada kekurangan mohon maaf. Let's Read Webtoon!

-Salam Toonderella-
    
       

Komentar

Postingan Populer